Kolesterol

www.deherbal.org, Penyakit kolesterol dimana keaadaan kandungan lemak dalam darah yang berlebihan sehingga menyumbat atau menghambat sirkulasi peredaran darah ke seluruh tubuh. Kolesterol adalah zat yang alami yang ada di dalam tubuh. Sayangnya jika berlebihan dalam darah akan menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Kondisi ini akan membuat aliran darah terganggu dan akhirnya membatasi asupan darah ke jantung.

Penyebab kolesterol

Asupan darah yang tidak cukup bisa menyebabkan nyeri di dada. Dan apabila asupan darah benar-benar terpotong, anda akan mengalami serangan jantung atau bahkan bisa menyebabkan kematian.

Kebanyakan kondisi kadar kolesterol tinggi pada awalnya tidak menimbulkan gejala apapun, sehingga banyak orang yang tak menyadarinya. Maka itu, penting untuk selalu memeriksa kolesterol darah.

Beberapa hal yang dapat memengaruhi naiknya kadar kolesterol adalah:

  • Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol meningkatkan kadar kolesterol darah Anda.
  • Berat badan. Berat badan berlebih meningkatkan risiko terhadap penyakit jantung. Mengurangi berat badan dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol Anda.
  • Tidak aktif. Gaya hidup yang jarang bergerak adalah faktor risiko untuk kadar kolesterol yang tinggi dan penyakit jantung. Aktif secara fisik juga membantu Anda mengurangi berat badan.
  • Maka dari itu, memiliki gaya hidup yang sehat adalah cara yang baik untuk mengendalikan kadar kolesterol Anda. Pilihlah makanan dengan lemak jenuh yang rendah dan rendah kolesterol dengan banyak serat yang mudah larut.


Pilihlah daging tanpa lemak, ikan, unggas tanpa kulit, gandum utuh, buah dan sayuran. Batasi konsumsi makanan yang tinggi kolesterol seperti hati dan daging organ lainnya, kuning telur dan produk susu penuh lemak.

Diagnosis dan Pengobatan
Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana penyakit kolesterol tinggi didiagnosis?

Apabila Anda menduga bahwa Anda memiliki kadar kolesterol tinggi, dokter akan melakukan tes darah untuk mendeteksi kondisi ini.

Tes darah untuk melihat kadar kolesterol, disebut lipid panel atau lipid profile, umumnya menginformasikan jumlah:
  • Total kolesterol
  • Kolesterol LDL
  • Kolesterol HDL
  • Trigliserida – jenis lemak pada darah
  • Untuk pengukuran yang paling akurat, jangan mengonsumsi apa pun (selain air) selama 9-12 jam sebelum sampel darah diambil.


Standar normal dari kadar kolesterol dapat berbeda pada satu laboratorium dengan yang lain. Tanyakan dokter untuk informasi lebih lanjut mengenai hasil.

Bagaimana cara mengobati penyakit kolesterol tinggi?
Perubahan gaya hidup seperti berolahraga dan mengonsumsi pola makan sehat adalah cara utama dalam menghadapi penyakit kolesterol tinggi. Namun, apabila Anda telah melakukan perubahan gaya hidup dan kadar kolesterol tetap tinggi, dokter dapat merekomendasikan pengobatan.

Pilihan pengobatan yang dipilih akan sangat bergantung pada berbagai faktor, seperti faktor risiko individu, usia, kondisi kesehatan, dan kemungkinan efek samping. Beberapa pilihan obat atau kombinasi obat tertentu mungkin dapat digunakan. Pengobatan yang paling umum digunakan, antara lain:

Statin

Statin dapat menghambat zat yang diperlukan hati untuk menghasilkan kolesterol. Hal ini menyebabkan hati mengeluarkan kolesterol dari darah. Statin juga dapat membantu tubuh menyerap kembali kolesterol dari endapan pada dinding arteri dan berpotensi menggagalkan penyakit arteri koroner.

Cholesterol absorption inhibitors

Usus kecil Anda menyerap kolesterol dari makanan dan melepasnya ke aliran darah. Obat ezetimibe (Zetia) membantu mengurangi kolesterol darah dengan membatasi penyerapan kolesterol dari makanan. Ezetimibe dapat dikombinasikan dengan obat statin.

Pencegahan

Apa saja dapat saya lakukan untuk mencegah dan mengobati penyakit kolesterol tinggi?
Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi penyakit kolesterol tinggi:
  • Konsumsi pola makan rendah kolesterol dengan menghindari makanan kaya lemak jenuh dan perbanyak konsumsi lemak baik, seperti lemak tak jenuh dan omega 3 yang membantu menurunkan kolesterol
  • Perbanyak konsumsi serat
  • Turunkan berat badan dan jaga berat badan yang sehat
  • Berhenti merokok
  • Olahraga beberapa hari dalam seminggu setidaknya selama 30 menit
  • Batasi konsumsi alkohol, atau hindari sama sekali

Obat Kolesterol

Untuk informasi dan konsultasi lebih lanjut silahkan hubungi :

082136986869
(Telp/Whatsapp)