kanker darah

Situs Lyphoma society menyatakan sebanyak 60 ribu jiwa didiagnosa mengalami leukimia pada tahun 2016. Leukimia merupakan kanker darah yang memberikan pengaruh terhadap fungsi sel darah putih untuk melawan infeksi. Meski leukimia sering diidap oleh remaja dan anak – anak namun tidak menutup kemungkinan pula orang dewasa dapat terserag leukimia.

Gejala Leukimia

Pada dasarnya gejala penyakit leukimia sulit dideteksi sebab ia tidak mempunyai ciri khas tertentu. Meski begitu leukimia saat ini mempunyai banyak gejala yang bisa membantu sang penderita untuk mendeteksi penyakitnya secara dini.

1.     Darah Sulit Membeku
Leukimia terjadi akibat sel darah putih yang belum matang dan mengacaukan sistem trombosit darah, dari sinilah darah akan sulit mengalami pembekuan. Hal ini pula yang membuat pasien lukimia sering menderita pendarahan yang tak kunjung berhenti.
Umumnya seseorang  secara normal mengalami luka, maka darah yang ia keluarkan akan segera mengalami penggumpalan secara alamiah dan akan cepat berhenti. Namun berbeda lagi ceritanya bagi pasien leukimia, jika ia berdarah maka darah akan sulit untuk membeku dan darahnya terus mengalir. Selain itu darah pasien leukimia akan berwarna merah muda bukan merah pekat seperti orang normal pada umumnya.

2.     Rentan Infeksi
Leukimia terjadi karena sel darah putih si penderita abnormal, akibatnya pula akan ada berbagai macam kuman yang meyerang tubuh dan tidak dapat dilawan oleh sel darah putih secara langsung. Hal ini membuat tubuh penderita leukimia rentan terserang infeksi dan juga sering demam berkepanjangan. Umumnya pasien leukimia akan mengalami demam hingga 38 derajat celcius.

3.     Sering Mengalami Memar
Si penderita leukimia akan sering mengalami memar dan juga pendarahan di bagian tubuh tertentu akibat kekurangan suplai trombosit. Trombosit merupakan sel yang membantu proses pembekuan darah. Rendahnya jumlah trombosit di dalam tubuh akan memberi dampak yang buruk bagi tubuh, salah satunya ialah pembekuan darah yanng lambat. Tidak jarang pula akan muncul bintik ungu dan merah akibat pendarahan minor yang terjadi di dasar kulit.

4.     Nyeri Tulang dan Sendi
Penderita leukimia seringkali merasakan nyeri sendi pada tulang belakangnya. Bahkan rasa nyeri yang dirasakan si penderita dapat menyebabkan demam tinggi. Selain sering merasakan nyeri tulang belakang penderita penyakit leukimia sering pula merasakan nyeri di bagaian limpa.

5.     Anemia
Anemia merupakan gejala umum penyakit leukimia, pasalnya anemia terjadi akibat seseorang kekurangan sel darah merah. Maka dari itu penderita kanker darah umumnya akan mengalami anemia. Dimana anemia akan memberikan dampak pada sang penderita yang menyebabkan sesak nafas, lemah, letih, lesu dan warna kulit yang pucat.

6.     Selera Makan Menghilang
Orang yang terkena leukimia biasanya akan kehilangan nafsu makan, hal ini disebabkan oleh penumpukan sel darah abnormal yang ada di limpa dan hati dimana penumpukan sel darah abnormal dapat mengkibatkan si penderita kehilangan selera makan dan merasa selalu kenyang.

7.     Pembengkakan Kelenjar Getah Bening
Dalam beberapa kasus yang terjadi pada kanker darah si pasien akan mengalami pembengkakan yang akan terlihat pada bagian pangkal paha, leher dan ketiak. Hal ini akan terjadi ketika sel  kanker darah sudah menyebar luas ke dalam saluran kelenjar getah bening.

Demikian artikel berjudul Gejala Leukimia atau Kanker Darah Secara Umum ini, semoga artikel yang saya tulis bermanfaat.


obat kanker

Untuk informasi dan konsultasi lebih lanjut silahkan hubungi :


0821 3698 6869
(Telp/Whatsapp)