kanker paru paru

Kanker paru merupakan penyakit mematikan, yang mana kanker ini merupakan jenis kanker dengan angka kematian tertinggi di kelasnya yaitu sebanyak 1,59 juta jiwa meninggal pada tahun 2012.

Alasan serta penyebab angka kematian yang tinggi terhadap kanker paru karena sulitnya diagnosa kanker paru secara dini. Saat ini sudah 40% orang yang didiagnosa kanker paru – paru dan mereka mengatakan baru menerima diagnosa kanker paru – paru setelah penyakitnya sudah berkembang. Dan parahnya 1/3 orang yang didiagnosa sudah mencapai kanker stadium 3. Dibawah ini merupakan tanda dan gejala kanker paru – paru yang wajib diketahui.

1.     Batuk yang Tidak Kunjung Sembuh

Batuk merupakan sakit yang umum sekali untuk terjadi, namun beda lagi jika batuk yang anda derita tidak kunjung sembuh meskipun sudah diobati. Maka langkah terbaik jika anda mengalami batuk berkepanjangan yang susah sembuh segera kunjungi dokter untuk melakukan X- ray pada paru – paru.

2.     Perubahan Batuk
Batuk kronis terkadang merupakan gejala awal dari penyakit asma, alergi atau bahkan asam lambung. Namun jika kondisi batuk yang anda derita berubah ( contohnya dari batuk kering menjadi batuk berdarah ) maka segera kunjungi dokter.

3.     Nyeri Dada
Meski tumor kanker paru – paru muncul di tengah paru dan tidak menyebabkan rasa sakit namun jenis kanker paru yang ada di luar dinding paru – paru seringkali menyebabkan rasa nyeri dan sakit bagi penderitanya. Penyakit kanker paru – paru dapat menyebabkan sakit di area punggung , dada dan bahu.

Jika kanker menyebabkan rasa nyeri di bagaian dada maka rasa tidak nyaman ini kemungkinan disebabkan oleh kelenjar getah bening atau zat metasis yang ada pada dinding dada dan rusuk yang semakin membengkak dan mendesak bagaian tulang.

4.     Suara Berubah
Suara dapat menjadi serak karena demam atau saat anda bangun tidur. Namun jika ada orang terdekat yang mengatakan jika suara anda menjadi berat serta serak maka segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Jika kondsisinya tidak juga membaik setelah menjalankan 2 minggu masa pengobatan maka kembalilah ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lanjutan apakah ada tumor dan kanker yang hinggap di kotak suara anda.

5.     Kehilangan Berat Badan
Penurunan berat badan secara tiba – tiba merupakan pertanda buruk bagi kesehatan anda. Sebab orang yang memiliki kanker paru –paru akan mengalami gejala dimana ia akan kehilangan berat badan dalam waktu singkat. Hal ini disebabkan oleh sel kanker yang menyerap semua energi dan juga nutrisi yang anda miliki. Jangan anda anggap remeh perubahan berat badan secara drastis yang anda alami apalagi jika tidak melakukan perubahan pola makan.

6.     Tulang Merasa Nyeri
Jika kanker paru – paru sudah memasuki tahap lanjutan dapat menyebabkan nyeri tulang. Kebanyakan orang yang sudah tua  menganggap jika nyeri tulang merupakan proses penuaan secara alamiah. Namun nyatanya kanker paru – paru juga memiliki gejala nyeri di bahu, lengan, leher dan pungung yang jarang disadari si penderita. Nyeri yang disebabkan oleh kanker paru- paru akan semakin memburuk ketika si penderita sedang beristirahat di malam hari. Intinya rasa sakit dan nyeri yang anda rasakan merupakan sinyal yang buruk sebagai tanda penyakit ang menggerogoti tubuh anda. Maka  jangan anda abaikan rasa sakit yang ada pada tubuh dan segera melakukan pemeriksaan.

Demikian artikel berjudul Gejala Kanker Paru – Paru yang Wajib Diketahui ini, semoga bermanfaat bagi anda.

obat kanker

Untuk informasi dan konsultasi lebih lanjut silahkan hubungi :


0821 3698 6869
(Telp/Whatsapp)