kanker

Kanker hati merupakan kanker yang berawal dari organ liver dan di klafikasikan berdasar penyebaran dan lokasi pertumbuhannya. Kanker hati primer ialah kanker yang awal mulanya berkembang melalui hati. Dimana kanker hati primer dikategorikan sebagai kanker yang berpotensi sebagai penyakit fatal. Sedangkan kanker hati sekunder awalnya ada di bagian tubuh lain lalu menyebar dan tumbuh di organ hati.

Jenis virus kanker hati secara umum ialah  HCC atau hepatocelullar carcinoma yang mana kanker hati primer ini berkembang di dalam sel hati utama dan dinamakan HCC. Kanker satu ini merupakan kanker dengan komplikasi penyakit hepatitis dan juga kondisi sirosis.

Penyebab Kanker Hati


1. Infeksi Virus Hepatitis B

Hepatitis B merupakan virus yang dapat menyebar melalui percikan darah yang sudah terkontaminasi. Selain itu virus hepatitis B juga dapat menular melalui air liur, cairan vagina dan air mani. Beberapa penderita hepatitis B mempunyai gejala yang sama dengan penderita kanker hati dimana mereka juga memiliki resiko terserang luka parut yang meluas ke organ hati.

2. Penyakit Lemak

Adanya lemak yang menumpuk di dalam jaringan hati dapat menyebabkan kanker hati. Namun dalam beberapa kasus yang terjadi adanya penumpukan lemak dengan kadar tinggi  juga dapat menyebabkan radang hati.

3. Akibat Alkohol

Setiap kali anda mengkonsumsi alkohol maka organ bernama hati akan bekerja dengan keras menyaring zat – zat yang berbahaya dari darah yang mengalir di dalam tubuh anda. Penyaringan yang keras ini dapat membuat sel hati mati secara perlahan.

Gejala Kanker Hati


4. Kelelahan

Tanda dan gejala kanker hati pada stadium awal ialah selalu merasa lelah padahal anda tidak melalukan aktivitas berat apapun. Dan biasanya rasa lelah akan disertai gejala nyeri dan sesak pada ulu hati. Di lain waktu sesekali pandangan anda menjadi berkunang – kunang.

5. Penyakit Kuning

Gejala kanker hati secara umum ialah penyakit kuning dimana si penderita akan mengalami perubahan pada bagian bola matanya, kuku, kulit menjadi kekuning – kuningan. Hal ini muncul akibat adanya fungsi hati yang menurun dalam menetralisir racun di dalam tubuh.

6. Perubahan Warna Urine dan Fases

Selain warna kulit, kuku dan bola mata yang berubah gangguan pada fungsi hati juga dapat menyebabkan perubahan pada warna air seni serta kotoran. Kondisi ini muncul akibat dari penyerapan nutrisi serta metabolisme yang kurang maksimal sehingga zat – zat yang seharusnya terserap tidak akan terserap dengan baik.

7. Berat Badan Turun Secara Drastis

Orang yang terserang kanker hati akan mengalami gangguan badan secara drastis. Hal ini muncul karena adanya gangguan sistem metabolisme yang menyebabkan nafsu makan menjadi berkurang. Berkurangnya nafsu makan juga disebabkan oleh asam lambung yang naik akibat dari sistem hati  yang mulai rusak.  Dan bahkan lebih parahnya tidak hanya nafsu makan yang berkurang, si penderita juga mengalami mual dan muntah.

8. Nyeri Perut

Orang yang terserang kanker hati akan mengalami nyeri perut yang luar biasa, kondisi ini menunjukan bahwa sel kanker semakin meluas dan menyebar. Nyeri perut ini juga biasa terjadi dan disertai rasa kenyang sehingga mengurangi rasa lapar pada penderita.

9. Kaki dan Tangan Bengkak

Si penderita kanker akan mengalami pembengkakan di bagaian tangan dan kaki tanpa sebab yang jelas dan berlangsung dalam waktu yang lumayan lama.

Demikian artikel berjudul 9 Gejala Kanker Hati dan Penyebabnya ini, semoga bermanfaat.


obat kanker


Untuk informasi dan konsultasi lebih lanjut silahkan hubungi :


0821 3698 6869
(Telp/Whatsapp)