sel kanker

Kanker merupakan vonis terberat yang pastinya tidak ingin didengar bagi siapapun. Sebab selama ini kanker masih dikenal sebagai penyakit mematikan dan sulit untuk diatasi.

Penyebab dari penyakit kanker bermacam – macam sekali wujudnya mulai dari gen keturunan hingga gaya hidup tidak sehat. Jika anda melakukan sedikit perubahan gaya hidup sehat maka secara tidak langsung dampaknya akan besar sekali bagi tubuh dan kesehatan anda.

Jika anda ingin terhindar dari penyakit berat mematikan bernama kanker ini ada baiknya anda mulai berfikir dan melakukan sedikit gerakan perubahan menuju langkah hidup sehat.

1. Jangan Mengkonsumsi Tembakau

Rokok sudah lama dikaitkan sebagai penyebab beberapa jenis kanker yang ada,contohnya saja kanker ginjal, serviks dan kanker paru – paru. Bahkan ironisnya pula seseorang terdekat  atau perokok pasif yang tidak menghisap rokok akan memiliki resiko terkena penyakit kanker paru – paru  dari perokok aktif. Perlu anda ketahui jika mengunyah tembakau dan menghirup aroma tembakau secara langsung dapat menyebabkan kanker.

2. Mengikuti KB

Tahukah anda jika pil kontrasepsi dapat mengurangi risiko kanker ovarium sebanyak 50%  dalam jangka waktu  5 tahun penggunaan secara rutin. Namun untuk jangka lebih panjangnya lagi pil kontrasepsi dapat menjadi alternatif dan pilihan yang tepat terutama bagi wanita sebab ia memiliki kandungan progesterone yang dapat mencegah kehamilan dan dapat menurunkan resiko kanker endometrium secara cepat.

3. Konsumsi Makanan Sehat
Mengkonsumsi makanan sehat dapat menurunkan resiko kanker yang anda miliki. Untuk pilihan menu makanan sehat sehari - hari anda dapat mengkonsumsi berbagai macam sayur dan buah serta makanan yang memiliki kadar lemak rendah.  Selain itu jangan makan makanan yang dipanggang atau berasap sebab makanan yang hangus dapat meningkatkan terkena kanker. Untuk anda yang mengkonsumsi alkohol mulai saat ini dapat mengkonsumsi alkohol dalam batas wajar namun alangkah baiknya anda mengurangi jumlah alkohol yang anda minum dan segera berhenti demi hidup yang berkualitas.

4. Olahraga Secara Rutin dan Jaga Berat Badan
Menjaga berat badan merupakan salah satu langkah untuk menurunkan risiko penyakit kanker. Untuk menjaga berat badan secara sehat dan ideal dengan mengurangi jumlah porsi makan saja tidak akan cukup. Maka dari itu anda harus melakukan olahraga secara rutin setiap hari, cukup 30 menit saja setiap hari setelah waktu subuh tiba. Dengan olahraga secara rutin dapat menurunkan adanya resiko terserang penyakit kanker usus dan payudara.

5. Hindari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung
Kanker kulit merupakan jenis kanker yang paling marak terjadi di daerah yang memiliki iklim tropis, sebab di daerah yang memiliki iklim tropis pancaran sinar matahari akan sangat kuat dan begitu menyengat. Dan bahkan tidak main – main pula jika kanker kulit ini merupakan penyakit kulit yang sangat sulit untuk diatasi. Namun jangan  bersedih dulu kanker kulit ini sangat mudah untuk anda cegah. Caranya ialah melakukan pencegahan dengan hal sederhana seperti melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung. Jika anda melakukan aktivitas di luar rumah pada jam 10 pagi hingga 4 sore  dan ada baiknya  pula anda membawa payung dan kacamata untuk melindungi diri dari  sengatan sinar matahari. Jangan lupa melindungi kulit menggunakan tabir surya yang memiliki SPF minimal 30+.

6. Hindari Kebiasaan Buruk Beresiko

Pastinya hampir semua orang tahu jika orang yang memiliki banyak pasangan di tempat tidur sangat rentan sekali terkena penyakit terutama kanker dan penyakit kelamin. Misalnya saja HPV virus satu ini merupakan virus penyebab kanker serviks, vagina,anus dan penis. Selain itu kebiasaan buruk seperti menggunakan jarum suntik dapat meningkatkan seseorang akan terkena hepatitis B atau C serta HIV yang mana penyakit – penyakit ini akan bermuara kepada kanker.

7. Mengurangi Konsumsi Daging
Beberapa ilmuwan meneliti jika kandungan protein hewani yang ada dalam daging dapat meningkatkan resiko penyakit kanker usus. Maka untuk mencegah terkena penyakit kanker usus anda dapat memperbanyak makan makanan sehat yang memiliki protein nabati seperti biji – bijian dan kacang – kacangan. Jika perlu anda dapat membatasi konsumsi daging untuk 1 minggu satu kali saja atau dalam satu hari konsumsi daging sebanyak 4 ons saja, terutama untuk anda yang mengkonsumsi daging olahan patut  waspada sebab daging olahan memiliki 2 kali risiko kanker lebih tinggi dari daging biasa.

8. Memiliki Tidur yang Cukup
Beberapa ilmuwan mengatakan jika  seseorang memiliki waktu tidur yang kurang cukup dapat memperbesar risiko terkena  serangan kanker. Kanker payudara merupakan salah satu contoh dari gaya hidup yang tidak sehat seperti kualitas tidur yang tidak baik, sebab melatonin akan naik dan menekan sel –sel yang ada di dalam tubuh ketika malam hari dan hal inilah yang memicu pertumbuhan kanker di dalam tubuh. Namun hal ini dapat dicegah ketika anda tidur selama 7 jam setiap malam.

9. Melakukan Latihan Kardio
Kegiatan dan latihan kesehatan dapat meningkatkan denyutan jantung pada tubuh serta dapat membakar kalori serta menurunkan jumlah berat badan secara signifikan. Dengan melakukan aktivitas kardio seperti halnya renang, bersepeda, jogging atau aktivitas kardio lainnya jumlah kadar insulin di dalam tubuhmu secara tidak langsung akan menurun. Dan ajaibnya faktor – faktor yang dapat menyebabkan kanker akan menurun. Jika anda tertarik menjaga tubuh dari ancaman kanker melalui aktivitas kardio maka silahkan melakukan kombinasi latihan kardio sebanyak 2,5 jam saja setiap minggu.

10. Miliki Vitamin D yang Cukup di Dalam Tubuh
Jika anda kekurangan vitamin D maka dapat memicu adanya sel kanker di dalam tubuh, maka pastikan anda mengkonsumsi vitamin  D secara rutin dan cukup untuk mencegah sel kanker tumbuh di tubuh anda. Anda dpat mengkonsumsi vitamin D dalam bentuk suplemen atau buah, namun alangkah baiknya anda berkonsultasi dengan dokter sebagai media untuk mencari solusi makanan atau suplemen apa saja yang cocok untuk  di konsumsi.

11. Vaksin
Beberapa kanker yang menyerang manusia juga dapat disebabkan oleh virus, misalnya saja kanker hati yang disebabkan oleh hepatitis B. Maka pemberian vaksin hepatitis B sangat direkomendasikan terutama untuk bayi demi menurunkan resiko terkena kanker. Vaksin ini dilakukan secara rutin kepada bayi namun tidak menutup kemungkinan pula orang dewasa dapat menggunakan vaksin ini pula.

12.  Deteksi Dini
Pemeriksaan manual dapat anda lakukan untuk mencegah kanker, seperti melakukan aktivitas pap smear, dll yang mungkin akan sangat membantu anda untuk mengetahui apakah anda terindikasi terkena kanker atau tidak. Sebab anda perlu bahagia jika kanker pada stadium awal masih dapat disembuhkan namun untuk kanker stadium tengah keatas sangat sulit disembuhkan. Maka dengan deteksi dini oleh diri sendiri sangatlah penting untuk anda lakukan demi kecepatan dan ketepatan langkah pengobatan jika anda terserang penyakit kanker.

13. Cek Kesehatan Secara Rutin Untuk Mencegah Kanker
Untuk tahu seberapa besar anda memiliki resiko terkena kanker maka beberapa dokter menyarankan untuk mengikuti uji tapis atau screening test yang dilakukan secara ratin dalam jangka waktu satu tahun sekali. Uji tapis sendiri dapat mendeteksi adanya gejala dini kanker payudara, kanker prostat. anker kulit dan kanker serviks.

Anda dapat bertanya pada dokter tenatng seberapa sering anda harus mengikuti uji tapis dan tanyakan pula sebaiknya sejak umur berapa anda harus mengikuti uji tapis. Sekalipun anda tidak memiliki gejala kanker jenis apapun namun mencegah resiko terkena kanker dan menemukan gejala kanker sedini mungkin merupakan upaya terbaik demi menyembuhkan kanker.

Note : Uji apus merupakan cek kesehatan untuk mendeteksi adanya penyakit kanker melalui uji sampel darah pasien, tes fisik, tes genetik dan juga pengambilan X – ray.

14.  Berhenti Minum Alkohol
Jika anda masih belum dapat berhenti dari minum minuman beralkohol maka cukup minum 1 sloki saja per bulannya. Dalam penelitian American Cancer Society menyatakan jika orang yang memiliki hobi mengkonsumsi minuman yang beralkohol memiliki enam kali resiko terhadap kanker mulut dibading seseorang yang tidak mengkonsumsi minuman beralkohol sama sekali.

15.  Aktif Bergerak
Penelitian yang dilakukan oleh pihak Center for Disease Control and Prevention menyatakan bahwa kegiatan fisik merupakan langkah ampuh untuk mencegah terjadinya penyakit kanker.

Seseorang yang aktif bergerak dan melakukan aktivitas fisik mempunyai resiko lebih rendah dibandingkan mereka yang hanya memiliki sedikit aktivitas . Resiko terkena kanker payudara dan kanker akan menurun terhadap orang yang memiliki banyak aktivitas dan aktif bergerak.

Anda tidak perlu berlatih keras bak atlit profesional untuk aktif bergerak cukup nikmati waktu anda dengan melakukan kegiatan –kegiatan sederhana dalam aktifitas sehari – hari seperti mengantar anak – anak sekolah dengan berjalan kaki, membersihkan ruamh setiap hari secara rutin dan naik turun tangga di Mall. Aktifitas  sederhana seperti ini sudah cukup untuk membuat hidup anda lebih sehat dan berkualitas serta dapat menangkal resiko kanker.

16.  Hindari Paparan Bahan Kimia yang Dapat Memicu Reaksi Terhadap Sel Kanker
Paparan radiasi dan bahkan beberapa jenis bahan kimia dapat meningkatkan terjadinya resiko terkena kanker. Pihak american Cancer Society mengatakan jika paparan sinar X- Ray dan UV dapat memicu reaksi sel aknker yang ada di dalam tubuh manusia.  Dengan paparan sinar UV dan X – Ray yang berlebih dapat memunculkan jenis kanker kulit, kanker paru – paru , kanker perut dan juga kanker payudara.

17. Hentikan Konsumsi Makanan yang Memicu Resiko Terjadinya Kanker
Walau beberapa penelitian menyatakan jika adanya keterkaitan pola makan dan penyakit kanker belum juga ditemukan secara detail namun para peneliti percaya bahwa adanya pola makan yang sehat dapat mengurangi resiko seseorang mengidap kanker. Dalam beberapa studi mengatakan pula jika pola makan yang memiliki fokus dalam olahan sayuran hijau dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker usus. Mengurangi konsumsi makanan yang memiliki kandungan zat gula seperti roti, keripik atau tart juga ampuh untuk mencegah munculnya sel – sel kanker yang ada di dalam tubuh.

Demikian artikel berjudul 17 Tips Mencegah dan Menurunkan Resiko Kanker ini, semoga artikel yang saya tulis ini bermanfaat bagi anda.

obat kanker


Untuk informasi dan konsultasi lebih lanjut silahkan hubungi :


0821 3698 6869
(Telp/Whatsapp)